LSP P2O-LIPI

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI

LightBlog

Senin, 21 Mei 2018

LSP P2O LIPI Mensertifikasi Sumberdaya Manusia Di Bidang Padang Lamun Dan Komunitas Mangrove


Didirikan pada tahun 2016 dengan Keputusan Kepala Pusat Penelitian Oseanografi Nomor B-3057/IPK.2/OT/IX/2016, Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat Penelitian Oseanografi (LSP P2O) LIPI telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Keputusan Ketua BNSP Nomor KEP.0832/BNSP/VIII/2017 sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Sesuai dengan ruang lingkup lisensinya maka pada 10-15 Mei 2018 yang lalu di TUK Sewaktu Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), LSP P2O LIPI mensertifikasi sumberdaya manusia yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis di bawah koordinasi P2O LIPI. Sertifikasi kompetensi kali ini dilaksanakan untuk mensertifikasi alumni pelatihan tahun 2017 yakni pelatihan penilaian kondisi padang lamun dan komunitas mangrove. 

LSP P2O LIPI menugaskan asesor kompetensinya yang telah tersertifikasi dan teregistrasi oleh BNSP untuk melakukan uji kompetensi kepada peserta peserta sertifikasi menggunakan skema sertifikasi penilai kondisi padang lamun dan penilai kondisi komunitas mangrove. Pada kesempatan kali ini LSP P2O LIPI telah menggunakan tempat uji kompetensi (TUK) sewaktu yang terverifikasi yakni FIKP UMRAH. Sebelumnya LSP P2O LIPI juga telah memiliki TUK Sewaktu terverifikasi yakni Loka Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) LIPI di Pulau Pari. Uji kompetensi diikuti sebanyak 21 orang yang berasal dari berbagai stakeholder seperti perguruan tinggi, dinas/instansi teknis, serta lembaga swadaya masyarakat.

Uji kompetensi dilakukan oleh asesor kompetensi menggunakan metode tertulis, wawancara/lisan serta observasi di lapangan. Pelaksanaan Uji Kompetensi dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dr. Dirhamsyah, MA dan sebelumnya Rektor UMRAH yakni Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc memberikan sambutan selamat datang. Rekomendasi kompetensi telah dihasilkan dari asesor kompetensi. Atas rekomendasi tersebut LSP P2O LIPI telah menetapkan keputusan sertifikasi melalui Komite Teknis Pengambilan Keputusan Sertifikasi yang selanjutnya akan dimintakan sertifikat kompetensi ke BNSP. (3ono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox