LSP P2O-LIPI

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI

LightBlog

Jumat, 01 Juni 2018

LSP P2O LIPI Memverifikasi Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado Sebagai Tempat Uji Kompetensi


Sesuai dengan pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maka dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensinya, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) harus menggunakan tempat uji kompetensi (TUK) termasuk LSP P2O LIPI. Tempat uji kompetensi dapat tempat kerja atau tempat lainnya yang memenuhi persyaratan untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan uji kompetensi oleh LSP. Dalam rangka pelaksanaan uji kompetensi yang akan dilaksanakan maka LSP P2O LIPI melakukan verifikasi terhadap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Sam Ratulangi Manado sebagai TUK sewaktu dari LSP P2O LIPI. Direncanakan skema sertifikasi yang akan dilaksanakan di FPIK UNSRAT adalah Penilai Biodiversitas Ikan Terumbu Karang dan Penilai Kondisi Megabentos.

Verifikasi dilakukan pada tanggal 29-30 Mei 2018. LSP P2O LIPI menugaskan asesor kompetensi dari dua skema sertifikasi tersebut untuk melakukan verifikasi terhadap FPIK UNSRAT Manado sebagai TUK Sewaktu dari LSP P2O LIPI. Kedua asesor tersebut adalah Ucu Yanu Arbi, M.Si dari Loka Konservasi Biota Laut LIPI Bitung sebagai asesor megabentos dan Yaser Arafat, S.Pi dari Yayasan Minang Bahari Padang sebagai asesor ikan terumbu karang. Turut hadir sebagai tim verifikasi Ketua LSP P2O LIPI, Triyono, S.P., M.Si beserta dua orang staff LSP P2O LIPI. Adapun tujuan verifikasi adalah untuk memastikan bahwa TUK memenuhi persyaratan teknis dan persyaratan manajemen yang ditetapkan untuk digunakan dalam kegiatan uji kompetensi nantinya. 

Pada hari pertama verifikasi (29 Mei 2018), tim verifikasi didampingi oleh penanggungjawab TUK FPIK UNSRAT Manado melakukan pengecekan terhadap bahan dan alat uji yang dimiliki oleh FPIK UNSRAT Manado yang dapat digunakan untuk pelaksanaan uji kompetensi. Di sela-sela verifikasi, tim verifikasi diterima oleh Dekan FPIK UNSRAT Manado, Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, M.Sc. Dekan FPIK UNSRAT Manado menyampaikan terimakasih atas kepercayaan LSP P2O LIPI yang akan menjadikannya sebagai tempat uji kompetensi. 

Pada hari kedua verifikasi (20 Mei 2018), tim verifikasi melakukan kunjungan ke Taman Nasional Bunaken yang direncanakan akan digunakan sebagai lokasi uji kompetensi demonstrasi pengambilan data. Laporan hasil verifikasi dari asesor selanjutnya akan menjadi pertimbangan bagi LSP P2O LIPI untuk menetapkan FPIK UNSRAT Manado sebagai TUK sewaktu dari LSP P2O LIPI. FPIK UNSRAT Manado akan menjadi TUK Sewaktu ketiga yang akan digunakan oleh LSP P2O LIPI dimana sebelumnya telah ditetapkan dua TUK Sewaktu lain yakni Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi LIPI di Pulau Pari dan FIKP UMRAH di Bintan. (3ono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox