LSP P2O-LIPI

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI

LightBlog

Sabtu, 14 Oktober 2017

Workshop Pengembangan Materi Uji Kompetensi Batch 2 Penilai Kondisi Terumbu Karang Dan Ekosistem Terkait


Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melalui Program COREMAP-CTI LIPI sedang merancang keberlanjutan pelaksanaan uji kompetensi pada jabatan kerja penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait. Termasuk menyiapkan perangkat asesmen dalam proses uji kompetensinya. Melihat pentingnya perangkat asesmen tersebut, maka perlu dilakukan workshop untuk mengembangkan perangkat asesmen pada lima skema sertifikasi yang telah ditetapkan yaitu skema sertifikasi untuk penilai kondisi terumbu karang, biodiversitas ikan karang, megabenthos, padang lamun, dan komunitas mangrove.

Standar Kompetensi Kerja, Skema Sertifikasi, dan Perangkat Asesmen atau Materi Uji Kompetensi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Standar kompetensi kerja dan skema sertifikasi merupakan acuan dalam penyusunan materi uji kompetensi.  Dalam hal ini perangkat asesmen adalah materi uji kompetensi yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Khusus untuk jabatan kerja Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem terkait. Perangkat asesmen dikembangkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) sesuai pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dalam keberlanjutannya perangkat asesmen kompetensi harus diperbaharui dan dikembangkan secara berkala atau sesuai dengan kebutuhan. 

Berdasarkan latar belakang tersebut maka akan dilakukan workshop pengembangan materi uji kompetensi untuk jabatan kerja Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait.

Kegiatan workshop pengembangan materi uji kompetensi ini akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Oktober 2017 di Hotel Salak The Heritage, Bogor. Workshop ini merupakan pengembangan materi uji kompetensi untuk jabatan kerja Penilai Kondisi Terumbu Karang dan Ekosistem Terkait yang akan menghasilkan Perangkat asesmen atau materi uji kompetensi dan mengembangkan Paket materi uji kompetensi.

 .
Adbox